6 Makanan Khas Indonesia Ini Jadi Favorit di Luar Negeri

Kelezatan makanan khas Indonesia ini tidak saja bikin nagih lidah orang Indonesia, tapi juga warga luar negeri. Di beberapa negara, makanan khas Indonesia menjadi menu favorit.


1. Tempe.

Hampir tak ada orang yang nggak kenal jenis makanan dari kedelai ini. Tempe merupakan makanan yang bisa dinikmati dalam berbagai varian menu, dari digoreng untuk lauk sampai dibuat sayur. Tempe juga jadi primadona di Inggris.

Seorang warga Inggris, William Mitchell, jatuh cinta pada tempe saat datang ke Indonesia tahun 1995. Dia kemudian belajar tentang cara pembuatan tempe dan akhirnya membuka usaha kuliner tempe di Inggris. Usahanya ini pun laris.

2. Gado-gado.

Makanan ini terbuat dari aneka bahan, dari sayuran, kentang, tempe, tahu, telur ditambah sambal kacang ini sungguh menggugah selera. Bahkan, menu ini cukup populer di Australia. Sejumlah restoran Indonesia di Negeri Kangguru yang menjajakan menu ini, cukup laris. Para penikmatnya bukan hanya warga Indonesia di sana, tapi juga warga asli Australia.

3. Ayam penyet.

Menu yang sangat sederhana karena hanya terdiri dari daging ayam, sambal, dan lalapan ini akrab banget dengan kehidupan anak kos. Sebab, ayam penyet memang menjadi idola lantaran harga yang murah tapi enak. Kelezatan ayam penyet ini juga digemari warga Singapura. Restoran yang menjual menu ini laris diserbu pembeli.

4. Nasi goreng.

Siapa yang nggak suka nasi goreng? Kamu suka banget, kan? Deretan pesohor luar negeri juga suka, lho sama nasi goreng. Contohnya saja vokalis band fenomenal Jepang, L'Arc-en-Ciel, si Hyde, dia ngidam banget sama nasi goreng.

Bahkan kala konferensi pers sebelum konsernya di Indonesia pada Mei 2012 lalu, Hyde menyatakan ketidaksabarannya berburu nasi goreng. Kemudian ada Risa Oribe atau LiSa, penyanyi dan penulis lagu asal Jepang juga menyatakan menggemari nasi goreng. Pernyataan ini dia lontarkan kala mengisi acara Anime Festival Asia Indonesia 2014.

Nah, yang paling bikin heboh adalah beberapa waktu lalu mantan pesepak bola Inggris, Rio Ferdinand memposting fotonya sedang makan nasi goreng dan menyebut nasi goreng sebagai makanan khas Singapura.

Tentu ini bikin netizen Indonesia agak geram, ya. Soalnya nasi goreng itu khas Indonesia banget. Namun begitu, postingan Rio menunjukkan bahwa nasi goreng itu sendiri digemari orang-orang luar negeri. Setuju, kan?

5. Sayur lodeh.

Kalau kamu berkunjung ke Jerman, tepatnya di Hamburg, kamu bisa menjumpai restoran Indonesia yang laris di sana. Uniknya, salah satu menu yang laris adalah sayur lodeh. Pelanggan restoran ini tidak cuma warga Indonesia di Jerman, tapi juga warga negara lain.

6. Sate ayam.

Ada banyak sekali jenis sate di Indonesia, salah satu yang sangat terkenal adalah sate ayam. Wajar jika makanan ini sangat mudah dijumpai di mana pun kamu berada di negeri ini.

Tapi, ternyata tidak saja di Indonesia sate terkenal. Di Jepang, tepatnya di Kota Beppu di Pulau Kyushu, seorang warga negara Indonesia mendirikan restoran yang menjual sate ayam. Tak disangka, menu ini laris, tidak saja oleh orang Indonesia tapi juga warga Jepang.

Aneka kuliner khas Indonesia ini tidak bakalan tenar di luar negeri jika tidak memiliki cita rasa yang lezat. Dan cita rasa lezat ini hanya bisa dihasilkan oleh juru masak yang andal didukung bumbu rempah yang lengkap dimiliki Indonesia.


Comments

Popular Posts