Resep dan Cara Membuat Tongseng Kambing Empuk dan Enak.

Idhul adha sebentar lagi, biasanya saat idhul adha stok daging kambing akan sedikit melimpah di kulkas rumah, nah bingung mau dimasak apa daging kambing dirumah? mungkin resep tongseng kambing bisa menjadi pilihan buat bunda agar daging segera bisa dinikmati tanpa menunggu membeku untuk beberapa waktu.

Namun bagaimana cara membuat tongseng kambing yang empuk dan enak? tentu ini memerlukan sedikit trik dalam pengolahan daging kambing sebelum daging dimasak. Sebab jika kita salah dalam mengolahnya, daging kambing akan jadi alot atau tidak empuk dan bau khas prengus kambing akan semakin keluar.
resep tongseng kambing sederhana

Nah, agar daging kambing empuk dan tidak bau ketita dimasak. Yang perlu anda perhatikan adalah jangan sekali kali mencuci daging kambing sebelum diolah. Sebab jika dicuci terlebih dahulu daging kambing justrru aroma prengus pada daging kambing akan keluar dan daging jadi lebih alot. Nah selanjutnya agar daging kambing empuk, sebelum memasak sebaiknya daging kambing dibungkus terlebih dahulu dengan daun pepaya dan biarkan beberapa saat, lalu masak. Ini akan membuat daging kambing jadi lebih empuk.

Nah selanjutnya kita tinggal mengolah daging kambing dengan resep tongseng kambing yang empuk dan enak, berikut resep dan cara membuat nya.

Bahan-bahan Tongseng kambing :

400 gram Daging kambing
2 lembar daun salam
1 liter Air putih bersih
Santan 800 mili liter ( dari 1/2 butir kelapa )
Lengkuas 2 centi meter ( dimemarkan )
Serai 1 batang, diambil putihnya lalu memarkan
Kol 150 gram ( dipotong kotak )
Daun bawang 2 batang ( dipotong cacah sepanjang 2 centi meter )
Tomat merah 1 buah ( dipotong-potong )
Bawang merah 3 siung ( diiris tipis )
Cabai rawit merah 4 buah ( dipotong cacah sepanjang 2 centi meter )
Kecap manis 2 1/2 sendok makan
Minyak 4 sendok makan ( digunakan untuk menumis )

Bumbu Halus Tongseng Kambing :

Bawang putih 3 siung
Bawang merah 4 butir
Lada 4 butir
Kemiri 3 buah ( disangrai )
Kunyit 3 centi meter ( dibakar )
Jahe 2 centi meter
Ketumbar 1 sendok teh
Garam 1 1/2 sendok teh

Cara Membuat Tongseng Kambing :

Langlah awal rebus daging kambing dan daun salam dengan air mendidih. lalu tunggu hingga daging matang. angkat dan buang airnya, lalu potong-potong dagingnya menjadi potongan kecil-kecil atau sesuai selera.

Setelah itu rebus santan, bumbu halus, daun salam, lengkuas dan serai sambil adiaduk hingga rata, tunggu hingga mendidih. sisihkan.

Selanjutnya panaskan minyak, lalu tumis bawang merah, cabai rawit merah dan daging kambing hingga tercium aroma wangi. tambahkan kol ke dalam tumisan, masak hingga kol menjadi layu. masukkan kecap manis, aduk-aduk hingga rata.

Kemudian tuangkan kuah santan kedalam tumisan, masak hingga mendidih kembali. tambahkan daun bawang dan potongan tomat yang sudah kami sediakan tadi. masak hingga matang.

Tongseng kambing bumbu tradisional warisan nenek moyang siap disajikan selagi hangat.


Nah tongseng kambing empuk dan enak siyap dinikmati.Selamat mencoba

Sumber :resepmasakanbunda.info

Comments

Popular Posts